Kapan Hari Lahirmu dalam Kalender Hijriyah?

Islamic Hijri Calendar ConverterHmm, mungkin tak banyak yang bertanya seperti itu. Penyebabnya tak lain karena kita telah terlanjur terbiasa dengan sistem penanggalan masehi. Dan sistem kalender islam hanya kita pakai untuk kegiatan keagamaan atau ibadah ritual saja.

Tetapi paling tidak dalam beberapa kesempatan, kita tetap memerlukan perangkat atau cara untuk mengetahui: tanggal berapa dalam kalender hijriyah sebuah peristiwa atau tanggal masehi terjadi. Atau, tidakkah anda penasaran mengapa anda, saudara atau teman anda bernama Fitri atau Ramadhan? Siapa tahu ulang anda memang di bulan Syawal atau Ramadhan…

Untuk itu, silakan cek dan kunjungi layanan dan widget terbaru dari situs Layanan Web Islami Alhabib bertajuk: Pengubah Kalender Hijriyah.

Atau isikan tanggal masehi dalam angka di bawah ini dan klik tombol “Ubah ke Hijriyah” untuk melihat tanggal tersebut dalam kalender islam.

Tanggal:
Bulan:
Tahun:

Pengubah Tanggal Masehi ke Hijriyah

Sekali lagi, sebelum anda bertanya kapan tanggal lahir anda dengan menggunakan kolom komentar di bawah ini, pastikan kunjugi terlebih dahulu:

Tersedia juga Widget Pengubah Kalender Hijriyah. Dengan widget ini, yang bisa juga ditampilkan di blog dan situs web lain, pengunjung tinggal memencet tanggal dalam masehi yang diinginkan dan hasil konversi atau pengubahan ke tanggal hijriyah otomatis akan tertampilkan.

Semoga bermanfaat.

Habib bin Hilal

Habib bin Hilal adalah pengelola dan Editor dari blog ini serta situs Alhabib - Mewarnai dengan Islam.

297 Comments

  1. Saya mau nanya
    Nama saya bangun adi saputro , mau tahu kelahiran saya 24 september 1997 .
    Trimakasih ..

  2. saya mau tanya juga nama anak saya ( SANIYA PUTRI ) DAN (RENDI FIRANSYAH) apakah artinya dalam bahasa arab dan apakah bagus apa tidak?

    • Saniya mungkin berarti sinar atau kilauan cahaya. Rendi kami tidak tahu, demikian juga Firan. Syah mungkin berasal dari gelar raja atau bangsawan di wilayah India, Iran.

  3. saya mau tanya apakah artinya dalam bahasa arab nama anak saya (SINTIYA PUTRI) apakah nama itu bagus apa tidak

    • Nama Sintiya sepertinya bukan dari bahasa Arab. Mungkin peng-indonesiaan dari kata Cynthia, nama yang cukup populer di negeri Barat. Dia biasa disematkan untuk rembulan, bulan.

  4. Sya mau tax Nama saya syafar tgl lahir 2 sapar 1986 tahun brapa hijriahx dn jga tanggal dan blan brapa masehix pa?

  5. Assalaamu’alaikum… Bapak habib… Saya juga mau tau tanggal kelahiran dgn kalender hijriah, saya lahir 31 agustus 1990… Mohon djwb,trmaksih..,wassalam.

    • Untuk hari: Jum’at, 31 Agu 1990 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global (juga Lokal Indonesia)
      Tanggal Hijriyah: 10 Shafar 1411 H

    • Untuk hari: Senin, 12 Mei 1975 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global (juga Lokal Indonesia)
      Tanggal Hijriyah: 30 Rabbi’ul Tsani 1395 H

  6. 4 maret 1988 berapa tanggal ,bulan dan tahun hijriyahnya pak??? Makasih

    • Untuk hari: Jum’at, 4 Mar 1988 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global (juga Lokal Indonesia)
      Tanggal Hijriyah: 15 Rajab 1408 H

    • Untuk hari: Jum’at, 4 Mar 1988 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global (juga Lokal Indonesia)
      Tanggal Hijriyah: 15 Rajab 1408 H

  7. Habib kalau masehinya tanggal 17 juli tahun 1997 ITU bulan hijriahnya brapa

    • Untuk hari: Kamis, 17 Jul 1997 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global
      Tanggal Hijriyah: 12 Rabbi’ul Awwal 1418 H

      Berdasarkan Imkan Rukyat Indonesia
      Tanggal Hijriyah: 11 Rabbi’ul Awwal 1418 H

  8. assalamu’alaikum, saya lahir 15 juni 1996. berapa tanggal hijriyah nya ya?? terima kasih..

    • Untuk hari: Sabtu, 15 Jun 1996 M
      Berdasarkan Kalender Rukyat Global (juga Lokal Indonesia)
      Tanggal Hijriyah: 28 Muharram 1417 H

  9. Assalamuallaikum wr.wb. saya lahir tanggal 9 september 1984. Brapa tanggal hijriyah nya ya? Terima kasih..

    • Untuk hari: Ahad, 9 Sep 1984 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global
      Tanggal Hijriyah: 13 Dzul Hijjah 1404 H

      Berdasarkan Imkan Rukyat Indonesia
      Tanggal Hijriyah: 12 Dzul Hijjah 1404 H

      Awal bulan hijriyah: Selasa, 28 Aug 1984 M
      Indonesia: 29 Aug 1984 M
      Ijtima’ terakhir: 26 Aug 1984 19:26 UTC

    • Untuk hari: Ahad, 9 Sep 1984 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global
      Tanggal Hijriyah: 13 Dzul Hijjah 1404 H

      Berdasarkan Imkan Rukyat Indonesia
      Tanggal Hijriyah: 12 Dzul Hijjah 1404 H

      Awal bulan hijriyah: Selasa, 28 Aug 1984 M
      Indonesia: 29 Aug 1984 M
      Ijtima’ terakhir: 26 Aug 1984 19:26 UTC

  10. saya lahir tgl 10 maret 1969>kta orang tua saya , bertepatan dengan tgl 21 bulan haji.apakah data tersebut sudah benar?

    • Untuk hari: Senin, 10 Mar 1969 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global (juga Lokal Indonesia)
      Tanggal Hijriyah: 21 Dzul Hijjah 1388 H

  11. assalamualaikum , nama saya Devi Lia ,saya lahir tanggal 23 Desember 1998 , tanggal berapa dalam penanggalan hijriah . terima kasih . Wassalamualaikum

  12. saya lahir 20 mei 1985 m. hijriaahnya ya?.saya masih ragu apakah masuk bulan ramadhan atau tdk.

  13. Afwaan akh…utk ana klu tgl 27 Oktober 1972 brapa hijriahnya ? Sukron

    • Untuk hari: Jum’at, 27 Okt 1972 M

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global (juga Lokal Indonesia)
      Tanggal Hijriyah: 19 Ramadhan 1392 H

  14. Askum pak Habib, mau nanya nie tgl 22-08-1996 berapa ya hijriah nya?.

  15. Hari ahad tanggal 31 Agustus 1997 berapa hijriahnya ?

  16. Hari Ahad tanggal 21 Desember 1997 brp hijriahnya ?

  17. hari kamis , bulan juni tanggal 4 tahunnya 1999 .,
    itu hijriyahnya berapa yaa .??

    • Berdasarkan Kalender Ummul Qura
      Tanggal hijriyah: 20 Shafar 1420 H
      (Untuk Ummul Qura, hanya valid antara 1937 – 2077 M)

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global
      Tanggal hijriyah: 19 Shafar 1420 H

  18. klau hari jumat. tanggal 2 agustus 1996. tanggl brpa hijiriyahnya..

    • Untuk hari Rabu, tanggal: 2 AGS 1996

      Berdasarkan Kalender Ummul Qura
      Tanggal hijriyah: 18 Rabbi’ul Awwal 1417 H
      (Untuk Ummul Qura, hanya valid antara 1937 – 2077 M)

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global
      Tanggal hijriyah: 17 Rabbi’ul Awwal 1417 H

    • Berdasarkan Kalender Ummul Qura
      Tanggal hijriyah: 28 Ramadhan 1410 H
      (Untuk Ummul Qura, hanya valid antara 1937 – 2077 M)

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global
      Tanggal hijriyah: 27 Ramadhan 1410 H

    • Untuk hari Rabu, tanggal: 8 MEI 1995

      Berdasarkan Kalender Ummul Qura
      Tanggal hijriyah: 9 Dzul Hijjah 1415 H

      Berdasarkan Kalender Rukyat Global
      Tanggal hijriyah: 8 Dzul Hijjah 1415 H

  19. Untuk tanggal 14 ramadhan 1415 jatuh pada bulan apa untuk masehi

  20. Saya 9 desember 1994 brpa tahun hijriah nya bro… trima kasih

  21. saya mau tanya tanggal 17 Juni 1991 menurut bulan hijriah jatuh pada tanggal apa ?

  22. saya mau tanya tanggal 9 september 2001 menurut bulan hijriah jatuh pada tanggal apa ?

    • Untuk hari Ahad, tanggal: 9 SEP 2001

      Berdasarkan Kalender Ummul Qura atau Global
      Tanggal hijriyah: 21 Jumadal Akhirah 1422 H

  23. sayamau tanya…tanggal dan bulanx hijriah.. tanggal 24 agust 1998 jatuh pada tgl brp dan bulan apa…

  24. tgl 31 mei 2004 tgl dan bulan nya berpa dan bulan pa

  25. 16 desember 1990 dan 8 desember 1994, berapa tnggal dan tahun hijriahnya ya

  26. ASSALAMUALAIKUM, BIB. MO TY, SY LAHIR TGL 5 RAMADHAN TH 1984, TANGGAL DAN BULAN BERAPA MASEHI NYA YA BIB ? WASSALAM. TRIMAKASIH

  27. 17 juli 2004 dan 22 mei 2009 kalender hijriyahnya berapa ya??? mohon bantuannya

  28. Lahir tanggal 9 Nopember 1999, bulan dan tahun Hijriyahnya berapa ya Bib ? terima kasih

  29. Saya suka dan berterima kasih adanya tanya jawab disitus Al Habib ini, terima kasih

  30. Assalaamu ‘alaykum wa RoHmatulloohi wabarokaatuh.. 10-oktober-1970 kalender Hijriyahnya berapa ya bib? 🙂

  31. Kalo 6 september 1991 dan 10 mei 1991 bulan jawa nya mohon di bantu terima kasih.

  32. askkkkkkmmmm habib..sy lhr 17mei1995..ubah thn hjryah donk

  33. assalamualaikum .. saya lahir 6 juni 1995 , tolong dong di ubah ke HIJRIAH … wasalam

  34. assalamualikum kalu tanggal 17 agustus hari apa dan wetonnya apa?kartika

  35. Assalamualaikum WBk
    16 dzukaidah 1979, kalau masehi tanggal berapa dan bulan?

  36. Asslmkm. kalau 26 0ktober 1982 dlm bln arab jatuhnya tgl dan bln brp ya.trims

  37. Assalamualaikum habib mau tanya klau kelahiran tgl 15 sa’ban hijriah….thn 1985 klau masehinya..tgl berapa…ya habib…?
    Maksih….tunggu jawabannya…..!!!

  38. Assalamualaikum mau tanya habib kalau kelahiran 15sa’ban 1985 klau masehinya tgl berapa …?

  39. ass,,habib. mau tanya,kalau tgl 10 agustus 1988 tahun hijriah nya jatuh pada tgl/bln/thn brp ya bib? mksh bib,wasalam

  40. klo tgl 6 januari 1999 itu hijriyah nya berapa, bib??
    trimakasih bib

  41. Ass. Bib, abah saya lahir 23 Pebruari 1961. Hijriyahnya berapa ya ? Syukron katsiiiiiir

  42. bagaimana cara menghitung bln hijriyah 18 november 1993

  43. kalo lahir tanggal 29 syafar 1318 itu bertepatan berapa masehinya ????
    thanks

  44. Klu lahir di hari senin tgl 8 almuhrram, tgl bulan dan tahun brp ya masehinya, tks habib

  45. Assalamu’alaikum Habib, mohon bantuannya: 11 Nopember 1961 bertepatan dengan tanggal berapa Hijjriyyah? terima kasih

  46. Assalaamu’alaikum..

    chabib, tanggal 10 januari 1996 itu kalau dalam hijriyyah tanggal berapa ya?? mohon di jawab.

    wassalaamu’alaikum..

  47. Assalamu’aikum, Pa Habib, kalau tanggal 23 Maret 1997 itu pada tanggal hijriyahnya berapa ya? Mohon dijawab ya terimakasih, wassalamu”alaikum..

  48. saya mo tanya…tapi ne beda…
    yang saya tahu tgl hijriyahnya
    mohon bantuannya carikan kalo “””tgl 8 sya’ban hari jum’at manis”””””” itu bertepatan dengan tanggal bulan dan tahun berapa masehinya..????
    trimakasih…saya tunggu jawabannya habib…trimakasih…

  49. klo 6 mei 1989 tahun dan tanggal berapa hijriah?
    soalny kok ada beda pendapat,tp s lebih percaya orangtua sy dari pada internet

  50. Assalamualaikum …. 😀
    klok tanggal 30 november 1997 kalener hijriyahnya?
    makasih sebelumnya

  51. Tanggal lahir 8 Oktober 1995 tahun berapa hijriyahnya?

  52. Assalamu’alaikum

    kalau 17 agustus 2000, tanggal hijriyah nya berapa ya?

  53. Assalamualaikum,.
    Mau tanya kalau 21 April 1990 tggal hijriyah ny

  54. Kalo tggal 15 dulhijah thun 1412H .. Jtuh pda tggal berapa di buln masehi ? Terimakasih

  55. ass.wr.wb, tgl 12 februari 1983….berapa tahun hijrahnya?

  56. Assalamualiakum,..kalau 21 Mei 1992,.. itu berapa hijriah,..??

  57. Assalamualikum…. kalo 25 november 1981, 10 juli 1979, 22 desember 2002, 22 september 2008 berapa hijriah? Terima Kasih

  58. Assalamualiakum…mau tanya kalo 15 Oktober 1993, dalam hijriahnya kapan ya…makasih sebelumnya…

  59. assalamu a’alaikum, maaf saya mau nanya pak, kalo misalnya lahir tanggal 13 desember 1999 jika dalam kalender hijriahnya berapa sih pak?
    jawab yah secepatnya………

  60. kalo 26 februari 1991
    16 agustus 1992
    berapa hijriah..???

  61. assalamu’alaikum…
    1 desember 1991
    3 april 1988
    28 oktober 2009
    brapa hijriah,,????

  62. assalamualaikum…kalo

    10 Juni 1990
    11 Desember 1996
    18 Juli 2002
    brp hijriah???

  63. assalamualaikum…kalo 28 juli 1997 hijriahnya tanggal berpa yah

  64. Assalamu’alaikum. 11 juni 1991 berapa hijriah. Syukron

  65. assalamualaikum pak..
    11 mei 1995 ,tgl hijriahnya brapa ??

  66. assalamualaikum, mau nanya kalau tanggal 02 agustus 2009, 24 agustus 1982 dan 16 april 1984 kalau untuk kalender hijriyah nya berapa ya…

  67. Afwan admin ana 17-01-1989…
    klo tanggal hijriyah.y brp yah???

  68. assalamualaikum
    21 april 1995
    tanggal hijriah nya berapa ya ustad?

  69. assalamu’alaikum wrwb 31 mei 1993 hijriah tanggal berapa ya sukron

  70. assalamua’laikum…
    kalau 14 desember 1974 dalam kalender hijriah berapa ya ?
    mohon infonya, terima kasih..

  71. Assalamu’alaikum…
    Kalau 5 desember 1990 dalam kalender hijriah nya berapa ya?
    Mohon informasinya.
    Terimakasih!!

  72. assallammualaikum…
    ustadz saya mo nanya kalo lahir tgl 12 november 1991 kalo dalam kalender hijriah berapa ya ustadz…
    terimakasih
    wassalammualaikum

  73. assalamualaikum, saya lahir 25 maret 1985, mohon infonya ustad, terima kasih.
    wassalammualaikum.

  74. asslmu alaikum ustat,,
    saya lahir tgal 9 april 1985,
    kalau dalam tahun hijriah jatuh tgl,blan dan thun brpa ustat,,

  75. assalamualaikum..sya mw tanya kalo tanggal 10 muharam 1988 itu bulan dan tanggal masehinya berapa y???

  76. Assalamu’alaikum min
    Kalo saya lahir tanggal 13 Juli 1992 , kalo dalam hijriyahnya apa min ??
    kalo ga salah sama tanggal 13 juga tp ga tau bulan hijriyah sm taunnya 😀
    Mohon infonya min
    Syukron 🙂

  77. asalamu alaikum
    maaf justru saya tau lahir saya buln hijriyah 12rajab thn1981
    tp sayah ingin tau bln masehi ny bln ap ya.?trima kasih

  78. assalamua’laikum wr wb………saya santry tasik ingin mengetahui
    tanggal lahir masehi saya…..yaitu 28hijriyah bulan saffar 1989
    mohon d
    jawab…………..trimakasih …

  79. assalamu ‘alaikum bib,ana mau tanya kalau tanggal 6 mei 2009 itu tanngal berapa hijriah nya ya bib….?<syukron bib

  80. asskum ustad, lahir tanggal 25 agustus 1982, untuk kalender hijriahnya apa? wassalam

  81. assalamualaikum ya akhi
    saya lahir hari rabu tanggal 28 oktober 1992
    mohon bantuanya trimakasih
    waalaikum salam

  82. saya lahir 30 jan 1975 , tgl dan bulan serta thn brp dalam hijriyah ?

  83. saya lahir 07 maret 1988, itu hari , tanggal jawa dan bulan hijriahnya apa?

  84. assalamualaikum…. tarikh lahir saya 07.januari.1990… saya ingin tahu tarikh dalam kalendar hijrah… berapa erk tarikh mengikut tarikh hijrah????mohon jawab….

  85. iza.
    afwan klo ana lahir 11 november 1991,dalam hijriyah nya apa?
    syukron

  86. afwan, klo thn hijriyahnya 24 agustus 1987 apa ya ? tolong di jawab.

  87. asslamu’alaikum,,, saya ma’rifa dari banyuwangi ,saya ingin tanya,,, tanggal lahir saya 09 mei 1991 kira2 hijriyahnya tanggal berapa ea?????

  88. Assalamuallaikum bib …aku mau nanya aku lahr tgl 21.12.1982.buln hijriahnya apaya …mkash bib ..

  89. Assalamualalikum,29 juni 1975 kalo dlm kalender hijriah brp ?,tolong di jawab akhi habib.Jazakallahul khair.#ana tunggu.

  90. ass,, wr.wb

    saya lahir 21 september 1997 klo boleh tau apa yaa tahun hijriyah nya
    by: jessy deftaliana
    syukron… wass wr.wb

  91. assalamu alaikum wr wb
    saya lahir tanggal 26 juni 1993…..
    kalau di kalender hijriyah itu apa yaah

  92. saya lahir tanggal 31 maret 1993 bulan hijriahnya apa yaah …
    terimakasih sebelumnya

  93. saya lahir pada tanggal 14 syawal 1991, kalo masehinya tanggal berapa Om?

  94. pak, tanggal lahir sya 14 syawal, dan tahun 1985 masehi, sya ingin tahu, yg lengkap masehi dan syawal, tolong jwabanx, makasih baxak

  95. assalamua’laikum wr wb………saya santry tasik ingin mengetahui tanggal lahir hijriyah saya…..yaitu 12 maret 1998 mohon d jawab…………..trimakasih ……by:cecep ahmad assobani……….

  96. Assalamualaikum ….07 april 1992 dan 04 juli 1992 bisa diganti menurut kalender hijriah….?

  97. Assalamualaikum…ustadz…sy mau tnya brp tgl hijriah Dr 12 mei 2008?syukron atas jwabannya ..